5 Tempat Wisata Di Kota Palembang - Songket PaSH - Palembang Souvenir House
logo-image

5 Tempat Wisata Di Kota Palembang

2 tahun yang lalu

Palembang merupakan salah satu kota yang paling berkembang di Indonesia belakangan ini. Hal tersebut tidak terlepas dari peran kota pempek ini yang telah sukses dalam menyelenggarakan beberapa multi event berskala internasional seperti Sea Games dan Asian Games 2018. Tidak hanya ramai dikarenakan prestasi dalam mengadakan beberapa acara, kota ini pun terkenal dengan destinasi wisatanya. Berikut 7 destinasi wisata terkenal dari negeri Sriwijaya ini : 

 

  1. Pulau Kemaro

Pulau Kemaro terletak di tengah Sungai Musi, sekitar 6 KM dari Jembatan Ampera. Saat ini Pulau Kemaro adalah salah satu tempat wisata di Palembang yang paling terkenal. Di Pulau Kemaro terdapat sebuah vihara yang banyak didatangi oleh umat Buddha untuk berdoa dan berziarah. Di sini juga dapat ditemukan sebuah makam yang merupakan makam dari seorang putri Palembang. Putri ini mempunyai cerita tersendiri, yaitu dia menikah dengan anak raja dari China dengan mas kawin berupa 9 guci emas, namun pada akhirnya pasangan tersebut menerjunkan diri ke sungai dan tenggelam.

  1. Bukit Siguntang

Bukit Siguntang merupakan sebuah tempat bersejarah Kota Palembang. Bukit Siguntang begitu rimbun dan asri dan merupakan titik tertinggi di Kota Palembang yang menyimpan banyak cerita dan misteri. Sepanjang mata memandang hanya terlihat sejumlah pohon rindang, kursi dan gazebo yang dibangun di sekeliling Bukit Siguntang. Kesan angker akan terasa saat menuju ke puncak bukit karena Anda akan melihat sebuah makam pertama (makam dari Panglima Tuan DjungDjungan) dari 7 makam yang terdapat di bukit ini.

  1. Hutan Wisata Punti Kayu

Hutan Wisata Punti Kayu terletak lebih kurang 7 km dari pusat kota dan ditetapkan sebagai hutan lindung sejak tahun 1998 dan dikelola oleh Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Selatan. Hutan Wisata dengan luas 50 ini juga terdapat sebuah area rekreasi keluarga serta menjadi tempat hunian monyet lokal. Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menyegarkan pikiran pada akhir pekan. Di sini anak-anak juga bisa bermain menaiki gajah, melihat kebun binatang mini, mandi di kolam renang, atau sekedar duduk bersantai di antara pepohonan pinus. Yang lebih mengasyikkan, acapkali diadakan hiburan yang dimeriahkan oleh artis lokal maupun luar kota.

  1. Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak merupakan bangunan peninggalan kerajaan yang menjadi salah satu tempat wisata Kota Palembang, Sumatera Selatan. Benteng Kuto Besak dibangun pada tahun 1776-1803 Masehi pada saat pemerintahan Sultan Muhammad Badaruddin. Usia bagunan ini mencapai ratusan tahun, sehingga membuat tempat wisata ini menjadi sangat menarik dengan nilai sejarah yang tinggi. kemegahannya masih terlihat dari benteng dengan tinggi mencapai 9,9 meter, panjang 288,75 meter dan lebar 183,75 meter. Apalagi tebalnya mencapai 1,99 meter. Di setiap sudut benteng ini terdapat benteng pertahanan, salah satunya yang ada di sebelah barat laut, memiliki ukuran lebih besar dari ketiga benteng pertahanan lainnya.

  1. Jembatan Ampera

Jembatan Ampera merupakan salah satu icon kota Palembang. Jembatan yang menghubungkan Antara bagian hulu dan hilir kota Palembang ini telah resmi diunakan sejak tahun 1965. Jembatan ini memiliki ukuran kurang lebih panjang 1117 meter dengan lebar 22 meter. Jembatan ini akan semakin cantik pada malam hari karena dilengkapi beberapa hiasan lampu. Menyambut Asian Games 2018, pemerintah kota Palembang pun melakukan beberapa perbaikan diatas jembatan ini seperti membuat pedestarian dan renovasi agar lebih nyaman untuk diakses para pejalan kaki.

  1. Tugu Belido

Tugu Belido merupakan salah satu icon baru kota Palembang. Tugu ini terletak di Benteng Kuto Besak. Tugu Belido sendiri merupakan representasi Ikan Belido, yaitu salah satu jenis ikan yang hidup di sungai Musi. Ikan Belido merupakan salah satu jenis ikan yang bisa dijadikan bahan baku untuk membuat pempek. Namun karena populasi yang semakin menyusut, penggunaan ikan ini sebagai bahan baku semakin berkurang.

  1. Al-Qur’an Al Akbar

Al-Qur'an Al-Akbar merupakan Al-Qur'an ukiran kayu yang terbesar di dunia dan berada di Kota Palembang. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bersama seluruh delegasi konferensi parlemen Organisasi Konferensi Islam (OKI) meresmikannnya pada tanggal 30 Januari 2012.

Al Quran Al-Akbar atau yang juga sering disebut Al Quran Raksasa berada di kota Palembang,  beralamat di Pondok Pesantren Al Ihsaniyah Gandus Palembang. Terdapat 30 juz ayat suci Al-Quran yang berhasil dipahat/diukir ala khas Palembang dalam lembar kayu dan menghabiskan kurang lebih 40 meter kubik kayu tembesu dengan biaya tidak kurang Rp 2 miliar, dimana masing-masing lembar ukuran halamannya 177 x 140 x 2,5 sentimeter dan tebal keseluruhannya termasuk sampul mencapai 9 meter.

Al-Quran yang terdiri dari 630 halaman ini juga dilengkapi dengan tajwid serta doa khataman bagi pemula. Setiap lembar terpahat ayat suci Al-Quran pada warna dasar kayu coklat dengan huruf arab timbul warna kuning dengan ukiran motif kembang di bagian tepi ornamen khas Palembang yang sangat indah di pandang dan enak dibaca. Proses pembuatannya sendiri memakan waktu relatif lama, sekitar tujuh tahunan.