Jenis Songket Palembang - Songket PaSH - Palembang Souvenir House
logo-image

Jenis Songket Palembang

2 tahun yang lalu

Saat ini perkembangan teknologi dapat mengubah semuanya tak terkecuali dunia textile. Kain Songket Palembang sebagai salah satu kain tradisonal khas Indonesia pun ikut merasakan perkembangan tersebut. Dampak yang paling nyata adalah muncul berbagai macam textile dengan motif etnik khas Songket Palembang.

Banyak yang bingung bagaimana cara membedakan mana songket tenun tradisonal(dibuat menggunakan tangan) dan mana yang bukan tradisonal(buatan mesin). Berikut tim Palembang Souvenir House telah merangkum perbedaan nya :

  1. Songket Tenun Tradisonal

Songket Palembang tenun tradisional maksudnya adalah masih menggunakan 100 persen tenaga manusia tanpa dibantu oleh mesin. Dalam proses produksi, kain ini menggunakan waktu yang cukup panjang, bisa mencapai lebih dari 1 bulan!!! Secara kasat mata sangat susah untuk membedakan mana yang tradisional dan mana yang mesin. Namun secara umum songket tradisional akan :

  1. Memiliki texture kain yang lemas
  2. Benang emas timbul
  3. Bagian belakang songket tidak rapi
  4. Lebar kain maksimal 100 cm (rata-rata 80-90 cm)
  5. Kisaran harga mulai 1 juta rupiah

  1. Songket Tenun Mesin

Secara umum songket tenun mesin dibagi menjadi 2 jenis yaitu :

  1. Songket Printing

Songket jenis ini adalah yang paling murah diantara jenis yang lain. Biasanya terbuat dari kain katun yang di cetak atau cap motif songket diatasnya. Memiliki lebar kain sekitar 110-120 cm. Karena di cetak maka tidak akan ada benang timbul diatas permukaan kain. Harganya pun tergolong sangat murah yaitu mulai harga dibawah 100 ribu

  1. Songket ATBM

Songket ATBM yaitu singkatan dari Alat Tenun Bukan Mesin. Songket jenis ini adalah kelas menengah diantara jenis yang lain. Biasanya memiliki harga mulai dari 250 ribu. Secara umum songket ini memiliki ciri yang hampir sama dengan songket tenun tradisional namun perbedaan mencolok diantara keduanya yaitu dari segi ukuran dan kilau benang. Dapat dipastikan lebar kain dari songket jenis ini minimal 115 cm. Selain itu cahaya emas pada kain tidak akan berkilau dengan indah. Kilauan emas akan lebih redup disbanding dengan songket tenun tradisional.

Sudah tahu kan jenis-jenis kain songket Palembang? Jadi mau pilih yang mana nih? :D

 

Mau Songket? Langsung kesini aja : http://www.kainpalembang.com/product_catalog/f_product_catalog/index_category/songket