Kain Khas Palembang Selain Songket - Songket PaSH - Palembang Souvenir House
logo-image

Kain Khas Palembang Selain Songket

2 tahun yang lalu

Jika pulau Jawa identik dengan kain batik yang begitu khas begitupun pulau Sumatera yang terkenal dengan kain tenunnya. Salah satu kota di Sumatera yang mempunyai kain tenun terbaik di nusantara adalah Palembang. Kota Pempek ini sangat terkenal dengan kain songketnya. Kain songket merupakan kain tenun khas Palembang yang masih sangat tradisional proses pembuatannya, bisa sampai 3 bulan!!! Namun, kota ini juga masih memiliki kain khas lainnya yang tidak kalah cantik dengan kain songket.

Berikut beberapa kain khas Palembang selain songket :

  1. Kain Jumputan

Sesuai dengan namanya, kain ini dibuat secara tradisional dengan proses “Jumput”. “Jumput” merupakan pola membuat motif pada kain dengan menggunakan berbagai peralatan seperti tali, batu dan atau kelereng. Nantinya batu atau kelereng  akan dimasukkan ke dalam kain dan diikat dengan tali. Setelah itu, kain diwarnai sesuai dengan selerah dan di jemur. Setelah kain kering langkah selanjutnya adalah membuka ikatan tali sehingga pada akhirnya akan ada motif di kain tersebut.

 

 

  1. Kain Tajung

Kain Tajung merupakan kain tenun khas Palembang lainnya. Kain ini masuk kedalam golongan ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin). Walaupun ditenun, waktu yang dibutuhkan untuk memproduksi 1 pcs kain ini tidak selama membuat songket. Kain ini menjadi primadona karena lebih fleksibel dan memiliki motif yang khas. Secara tekstur, kain ini lebih ringan dan tipis jika dibandingkan songket sehingga bagi yang tidak mau terlihat terlalu kaku biasanya lebih memilih kain ini dibanding songket.

 

Sudah tahu kan beberapa jenis kain Palembang, tertarik untuk beli yang mana?