Oleh oleh kerajinan vs makanan, kamu pilih yang mana? - Songket PaSH - Palembang Souvenir House
logo-image

Oleh oleh kerajinan vs makanan, kamu pilih yang mana?

2 tahun yang lalu

Oleh oleh merupakan suatu kewajiban.
Banyak sekali orang yang berasumsi demikian. Tentunya hal ini wajar, setelah bepergian jauh ada baiknya membawakan buah tangan bagi orang tercinta dirumah.
Jika Anda merupakan salah satunya, hal apakah yang menjadi pertimbangan dalam menentukan jenis oleh oleh yang ingin dibeli?
Harga? Ukuran? Atau apa?

Pada umumnya oleh oleh dibagi atas 2 kategori yaitu kategori Makanan dan kategori bukan makanan.
Tentunya kedua jenis oleh oleh ini memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing.
Berikut beberapa perbedaan diantara keduanya :

1. Oleh oleh makanan
Makanan merupakan jenis oleh oleh yang paling lumrah di temukan di Indonesia.
Karena permintaan pasar yang tinggi membuat jenis nya pun menjadi beragam.
Para penjual berusaha mencari berbagai macam inovasi untuk produk ini. Salah satu yang paling sering dibeli oleh para wisatawan adalah Keripik. Di pusat oleh oleh jenis keripik pun sangat beragam, dimulai dari keripik tempe hingga keripik buah buahan. Para pengunjung bisa memilih sesuai selera masing-masing.
Harga yang murah dan cenderung sangat mudah dibawah merupakan pertimbangan banyak masyarakat dalam memilih produk ini. Namun jenis oleh oleh ini memiliki tenggang waktu untuk dikonsumsi sehingga tidak bisa disimpan dalam bentuk yang lama. Selain itu produk ini tidak bisa menjadi kenang kenangan dalam waktu yang lama karena sifatnya yang merupakan barang untuk di konsumsi.

2. Oleh oleh bukan makanan
Kerajinan termasuk dalam kategori ini. Kerajinan biasanya dipilih karena membawa ciri khas suatu daerah tertentu. Banyak wisatawan yang terkesan dengan tempat yang ia kunjungi sehingga ingin mengabadikan nya dalam bentuk barang. Kerajinan memiliki banyak sekali jenis, mulai dari gantungan kunci hingga kain tradisional seperti kain Songket Palembang. Walaupun memiliki harga yang relatif tinggi jika dibandingkan dengan makanan namun pemburu kerajinan juga sangat tinggi. Mereka ingin buah tangan tersebut dapat dilihat dalam waktu yang lama. Selain itu dengan membeli kerajinan secara otomatis dapat membantu dan menjaga kebudayaan khas suatu daerah tertentu.
Kerajinan juga merupakan salah satu sektor yang diandalkan oleh pemerintah untuk di ekspor sehingga dengan membeli kerajinan maka secara otomatis telah membantu memberdayakan masyarakat daerah tertentu.

Tentunya kedua jenis oleh oleh tersebut memiliki keunggulan dan kelemahan masing masing. Namun dengan adanya variasi dapat membantu para wisatawan memilih sesuai dengan keinginan.
Masih bingung mau beli oleh oleh yang gimana? Ga usah bingung, pilih saja keduanya : D